Dr. H. Hanif Hanafi, M.Si: “Kedalaman Spiritual dan Kecerdasan Intelektual dalam Membangun Karakter Kaum Milenial”

Indramayu, 6 September 2021. STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu (STAIS Dharma) mengadakan pertemuan perdana perkuliahan tahun akademik 2021 -2022 dengan mengadakan Studium General. Acara yang diselenggarakan di Aula STAIS Dharma ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan dosen STAIS Dharma. Adapun sebagai pembicara adalah Dr. H. Hanif Hanafi, M.Si yang juga merupakan kepala Kantor Kemenag RI Kab. Indramayu.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Ibu Hj. Chodijah H. Abbas Asshafah, M.Si, bercerita bahwa nama Pangeran Dharma Kusuma adalah tokoh pendakwah dari Kesultanan Demak yang membantu kesultanan Cirebon dalam berdakwah di wilayah aliran sungai Cimanuk, sekarang Kab. Indramayu. Adapun nama asli Pangeran Dharma Kusuma adalah Syekh Nurudin. H. Abbas berterimakasih karena baru sekarang Kepala Kantor Kemenag berkunjung ke Kampus Putih dan semoga terjalin sinergitas antara Kementrian Agama Kab. Indramayu dan Kampus Putih dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia di kabupaten Indramayu. Selain itu, H. Abas memberikan amanat kepada mahasiswa STAIS Dharma yang hadir bahwa Allah swt mewajibkan manusia untuk senantiasa belajar maka gunakanlah waktu, kesempatan dan tempat selama kuliah di Kampus Putih untuk optimalisasi belajar dan pengembangan diri.
Dr. H. Sanuri, M.Ag dalam sambutannya sebagai Ketua STAIS Dharma percaya bahwa pandemi Covid 19 pasti berlalu, yang penting seluruh sivitas akademika mempedomani perintah Agama yakni tetap tetap bersih, dan mematuhi protokol kesehatan sehingga akan terbentuk tubuh dan akal yang sehat dan mampu untuk meciptakan berbagai karya dan inovasi di bidang keahliannya masing-masing.

Pada kesempatan ini, Dr. H. Hanif Hanafi, M.Si memberikan orasi ilmiahnya dengan tema “Kedalaman Spiritual dan Kecerdasan Intelektual dalam Membangun Karakter Kaum Milenial”. Dr. Hanif memberikan motivasi kepada mahasiswa bahwa Allah swt pasti akan membantu orang yang menuntut ilmu, inilah nilai-nilai spiritual yang harus menjadi pegangan setiap mahasiswa terutama di perguruan tinggi Islam seperti STAIS Dharma. Selanjutnya, untuk mencapai hasil belajar yang maksimal Mahasiswa harus senantiasa menanamkan rasa sabar dan syukur kepada Allah agar tetap semangat menuntut ilmu. Hal ini dikarenakan orang-orang yang sukses sekarang jika dilihat pada masa lalunya, bukanlah orang malas dan menyerah pada keadaan. Hanya pribadi yang memiliki spiritualitas yang kuatlah yang akan mencapai kesuksesan.
Pada akhir acara diadakan penandatanganan kerjasama antara Ketua dan LPPM STAI Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu dengan Kepala Kantor Kemenag RI Kab Indramayu. (frenky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *