PENTINGNYA ILMU DALAM KEHIDUPAN

oleh: Burhanudin, M.PdI (Wakil Ketua III STAIS Dharma Indramayu

Ada Pepatah mengatakan : Hidup akan menjadi Indah Dengan Seni, Hidup akan menjadi terarah dengan agama, dan Hidup akan menjadi mudah dengan Ilmu. Pepatah di atas sangat relevan sekali karena dengan Ilmu yang kita miliki akan menjadikan diri kita memiliki kemampuan untuk dapat mengatasi peroalan dengan cara dan sousi yang tepat. Ilmu akan mendatangkan kebermanfaatan apabila dlam diri pemilik ilmu itu terdapt keimanan dan keTakwaan kepad Tuhan yang Maha Esa. maka berbekalah dengan ketaqwaan karena sebaik baik bekal adalah Taqwa. Sebagaimana Allah SWT berfirman :
وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى
“Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.” (Quran Al-Baqarah: 197)
Selanjutnya Sertakanlah dalam doa-doa Anda agar mendapat tambahan ilmu. Karena sesungguhnya Allah Ta’ala memerintahkan manusia yang paling berilmu yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar meminta tambahan ilmu.
وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
Dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”. (Quran Thaha: 114)
Pelajarilah agama Anda sekalian. Karena ilmu agama itu memberi manfaat dunia dan akhirat. Dengan ilmu agama Allah mengangkat kedudukan seseorang.
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Quran Al-Mujadalah: 11)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إنَّ اللَّهَ يَرْفَعُ بهذا الكِتَابِ أَقْوَامًا، وَيَضَعُ به آخَرِينَ
“Sesungguhnya Allah mengangkat suatu kaum dengan kitab (Alquran) ini dan menghinakan yang lain juga dengan kitab ini.”
Bertakwalah kepada Allah. Berbekallah dengan ilmu yang bermanfaat untuk menggapai ridha Allah. Berbekallah dengan ilmu dunia yang bermanfaat untuk kehidupan dunia yang bisa mendatangkan penghidupan kita. Dan pelajarilah ilmu agama untuk kebaikan dunia dan akhirat Anda.
Seorang yang berilmu tidak sama dengan orang yang tak berilmu.
أَفَمَنْ يَعْلَمُ أَنَّمَا أُنزِلَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ الْحَقُّ كَمَنْ هُوَ أَعْمَى إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُوا الأَلْبَابِ
“Adakah orang yang mengetahui bahwasanya apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu benar sama dengan orang yang buta? Hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran.” (Quran Ar-Ra’d: 19)
Dan Allah Ta’ala juga berfirman,
إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ
“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama.” (Quran Fatir: 28)
Yaitu orang yang takut kepada Allah dengan rasa takut yang benar. Dengan melakukan ketaatan kepada-Nya sesuai dengan yang Dia ridhai. Mereka itu adalah ulama. Karena semakin sempurna pengenalan seseorang kepada Allah, semakin sempurna rasa takutnya kepada Allah.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ
“Siapa yang Allah kehendaki untuk mendapatkan kebaikan, Dia akan memahamkannya agama.”
Bersungguh-sungguhlah dalam mempelajari agama yang mulia ini. Mengetahui hukum-hukumnya yang membantu kita untuk menaati Allah. Bersungguh-sungguhlah dalam mengetahui hal-hal yang dapat mewujudkan kehidupan yang baik untuk Anda sekalian.
Sesungguhnya perjalanan belajar agama bukan jalan yang singkat. Bukanlah jalan yang terbatas pada satu cara. Jalan pembelajar itu beragam. Tergantung dengan kondisi yang Allah mudahkan kita. apalagi di zaman sekarang. Kita bisa belajar agama bahkan sambil bersantai di rumah. Bahkan di tempat manapun yang kita inginkan. Ini merupakan bentuk kemudahan yang Allah berikan.
Bersungguh-sungguhlah dalam mendapatkan ilmu walaupun dalam kondisi wabah seperti sekarang ini. Kita memohon kepada Allah agar masa ini segera berlalu. Kita belajar sekarang dari jarak jauh. Kita belajar dengan wasilah jaringan internet. Dan ini tidak akan membuahkan hasil maksimal kecuali dengan kesungguhan yang ekstra.
Oleh karena itu, kita butuh untuk lebih memotivasi diri kita dan keluarga kita agar bisa mendapatkan manfaat semaksimal mungkin.

One thought on “PENTINGNYA ILMU DALAM KEHIDUPAN”

  1. Burhanudin says:

    Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dosen PembelajarDosen Pembelajar

Menjadi seorang dosen bukanlah bearti berada pada puncak tertinggi keilmuan. Sebagai pelaksana tridahrma perguruan tinggi seorang dosen tidak hanya dituntut untuk profesional dalam mengajar tetapi juga menjadi seorang pembelajar. Penelitian